6 Agu 2011

2 Wisma Bersejarah Di Kota Muntok


Dua Wisma Ini Terletak Di Kota Muntok Kabupaten Bangka Barat Provinsi Bangka Belitung.Berikut Adalah 2 Wisma Yang Ikut Berperan Dalam Kemerdekaan RI Itu.

1.Wisma Ranggam

Wisma Ranggam pernah dijadikan tempat perundingan UNCI, BFO serta KTN pada 22 Juni 1945. Yang paling monumental adalah penyerahan surat kuasa oleh Presiden RI Ir Soekarno kepada Sri Sultan Hamengku Buwono IX tentang pengembalian pusat kekuasaan pemerintahan RI ke Yogyakarta.
sejarah juga mencatat para pemimpin RI mulai diasingkan Belanda ke Muntok pada Desember 1948. Mereka antara lain Bung Hatta, Mr Mohammad Roem, Mr Pringgodigdo, Mr Assa’at, Komodor Suryadarma, dan Ali Sostroamidjoyo. Dua bulan kemudian, tepatnya 6 Februari 1949, menyusul, Presiden RI Ir Soekarno serta Menlu H Agus Salim yang sebelumnya sempat diasingkan di Prapat, Sumatera Utara.

2.Wisma Menumbing

Wisma Menumbing yang didirikan pada 1927 berada di puncak Bukit/Gunung Menumbing dan bangunannya berdiri di atas ketinggian 450 meter dari permukaan laut,
Wisma Ini Kurang Lebih Berjarak 10km dari wisma ranggam tadi,
Berbeda Dari Wisma Ranggam Tadi, Wisma Ini Masih Tertata Rapi & Barang2 Yg Dipergunakan Oleh Ir.Soekarno & Bung Hatta Pada Masa Itu masih terjaga sampai saat ini, berikut 2 contoh barang yg dipergunakan Ir.Soekarno & Bung Hatta Pada Masa Dulu :

http://4.bp.blogspot.com/_IOJm9Afoszw/TQh6z4JDReI/AAAAAAAAAEQ/NkwZDeXleeE/s1600/bed+bungkarno.jpg
Tempat Tidur Ir.Soekarno Yg Masih Asli













Mobil Yg dipergunakan Ir.Soekarno & Bung Hatta Untuk Berpindah2 Dari Wisma Ranggam Ke Wisma Menumbing,

0 komentar:

Posting Komentar